Hasil Kualifikasi yang Mengejutkan Rossi

Valentino Rossi (Mirco Lazzari gp/Getty Images)

Alcaniz – Dengan kondisi baru saja pulih dari patah tulang, Valentino Rossi akan memulai balapan MotoGP Aragon dari baris terdepan. Rossi sendiri mengaku terkejut dengan kecepatannya saat kualifikasi.

Rossi menempati posisi ketiga dalam kualifikasi di Motorland Aragon, Sabtu (23/9/2017). Dengan catatan waktu 1 menit 47,815 detik, pebalap Movistar Yamaha itu cuma kalah cepat dari Maverick Vinales dan Jorge Lorenzo.

Hasil itu terbilang luar biasa mengingat kondisi Rossi yang tidak 100% fit. Dalam waktu kurang dari sebulan setelah mengalami patah tulang di kaki kanannya, The Doctor mampu kembali menunggangi motor MotoGP dan kompetitif di atas lintasan.

“Ini juga merupakan sebuah kejutan untuk saya, juga buat kami karena saya tak tahu apa yang harus saya harapkan. Seminggu yang lalu saya mulai berpikir soal kemungkinan membalap di Aragon. Jadi, saya berlatih dengan (motor) R1. Saya mengerti bahwa saya bisa mengendarai motor, tapi dengan rasa sangat sakit,” ujar Rossi di Crash.net.

“Tapi, saya beruntung karena kaki saya terus membaik setiap harinya. Pada hari Jumat, ketika saya pertama kalinya kembali ke (motor) M1, saya langsung merasa lebih nyaman daripada hari Selasa. Juga untuk posisi di atas motor, M1 lebih nyaman dan lebih baik untuk ukuran fisik saya,” jelasnya.

“Posisi saya di atas motor belum sempurna, tapi cukup mendekati posisi normal. Kami juga bekerja sangat baik dengan tim untuk kualifikasi. Saya merasa enak di atas motor. Dengan ban kedua saya bisa mencatat waktu yang sangat baik,” tutur Rossi.

Meski meraih hasil bagus dalam kualifikasi, Rossi belum tahu apakah dirinya akan punya kekuatan untuk menuntaskan balapan sepanjang 23 lap di Aragon. Dia akan mengetahuinya pada pagi hari sebelum lomba.

“Balapan sulit untuk semua orang dalam kondisi normal. Tentu saja saya harus menderita, tapi saya akan berusaha,” katanya.

Source : https://sport.detik.com