4 (Empat)  Hal Yang Sebaiknya Anda Miliki Saat Bepergian

1. Kamera Mobil

       camera mobile dua arah 

Kamera yang terpasang di dashboard mobil sangat bermanfaat untuk merekam perjalanan anda. Apalagi bila kameranya bisa dua arah yaitu ke depan dan belakang sehingga bisa merekam berbagai kejadian dari arah depan maupun  belakang. Mengapa perlu pasang kamera ? Akan terasa sekali manfaatnya bila terjadi hal-hal yang tidak diharapkan seperti kendaraan ditabrak dari arah depan, menabrak kendaraan di depan karena kendaraan di depan lampu remnya mati, dan lain-lain. Jika anda punya kamera mobil maka hal ini akan jadi bukti otentik kepada kepolisian atau ke pihak asuransi bila ada.

Daripada anda banyak bicara kemudian mencari beberapa saksi untuk meyakinkan pernyataan anda lebih baik anda copy dulu file-nya yang ada di memory card dan serahkan copy file tersebut kepada pihak yang berwajib. Mana kala terjadi kecelakaan orang jarang sekali mau mengakui kesalahan. Yang ada sering mencari pembenaran untuk diri sendiri.

Info lengkap tentang kamera bisa di click pada gambar di atas atau click Link di bawah ini.

Info lengkap Kamera bisa dilihat di Link ini

2. GPS (Global Positioning System) atau aplikasi GPS

Ada banyak aplikasi GPS yang user-friendly yang bisa di-download di playstore bagi anda yang menggunakan HP android diantaranya :

a. Google Map / Map  / Driving

Aplikasi dari google ini banyak sekali manfaatnya untuk mencari peta lokasi, destination , dan lain-lain. Tersedia pula fitur simulasi “Satellite” dan “Terrain”. Saya pikir aplikasi ini sudah sangat terkenal jadi tidak akan dibahas lebih jauh.

b. My Tracks

Aplikasi ini adalah favorit saya. Setahu saya Aplikasi My Track ini dibunuh oleh Google. Dulu berlogo Panah berwarna Kuning tapi sekarang muncul kembali dengan logo berwarna biru. Cukup membantu bagi anda yang suka bepergian. Bila anda tidak hafal suatu lokasi dan khawatir tersesat, cukup jalankan aplikasi ini maka ia akan merekam rute perjalanan kemanapun anda pergi.

 

c. Track my trip (TMT)

 

 

 

Keunikan dari aplikasi ini yang tidak dimiliki oleh aplikasi lainnya adalah kemampuannya memandu posisi user dengan menggunakan map atau rute yang sudah pernah dibuat.

Perhatikan rute yang pernah saya buat di bawah ini :

Kalau di click akan muncul gambar seperti ini :

Dari gambar di atas terlihat jelas posisi SAAT INI dengan posisi RUTE yang sudah dibuat. Jadi kalau kita mau kembali ke rute yang tadi maka cukup terus jalan dan perhatikan posisi bulatan biru akan bergerak menuju rute awal yang sudah ada dan tentu kita akan tahu seberapa jauh posisi saat ini dengan tujuan sebenarnya. Oleh karena itu, cukup lanjutkan perjalanan dan perhatikan baik-baik arah yang ada di HP / Tab anda.

Semoga yang akan datang bisa dikembangkan oleh pembuatnya ataupun developer.

d. Waze 


Jujur saya katakan saya jarang pakai aplikasi ini. Tapi dari beberapa kali menggunakannya saya simpulkan bahwa Waze ini memiliki kelebihan dibanding aplikasi lainnya yaitu peta (map) jalan yang relatif lebih kengkap. Namun perlu diketahui bahwa aplikasi ini BUKAN untuk membuat rute jalan melainkan mirip dengan Google Map atau Driving.

e. Famy

Aplikasi Korea ini cukup ampuh untuk “Sharing Location” sehingga anda bisa mengetahui posisi  seseorang atau beberapa orang yang dikasihi. Sesuai dengan namanya Famy alias Family dirancang memang untuk keluarga.

Beberapa contoh kasus :

Kalau ada 2 orang bepergian ke Jakarta katakanlah Suparman dan Usman. Mereka berada di kendaraan yang berbeda. Karena sesuatu hal Suparman tertinggal jauh di belakang. Maka Usman bisa melacak di mana lokasi Suparman saat itu dengan menjalankan aplikasi Famy ini..

Fitur-fiturnya cukup bagus diantaranya :

Request new location => refresh lokasi.
Satellite on / off => peta tayang asli dari satelit / peta hanya fokus ke jalan.
Chat => mengobrol
Timeline => Riwayat posisi/lokasi
SOS => kirim isyarat darurat.

f. Life360

Aplikasi ini mirip dengan Famy. Namun ada fitur notifikasi lokasi yang tidak dimiliki oleh Famy yaitu Fitur notifikasi Home dan Work. Bila anda aktifkan fitur ini maka HP/Tab anda akan mendapatkan notifikasi kalau seseorang yang anda daftarkan / share di HP anda pergi meninggalkan ataupun tiba di rumah pada radius jarak yang anda tentukan sendiri.

Begitu juga kalau seseorang tersebut tiba atau meninggalkan kantor maka HP anda akan mendapatkan notifikasi via e-mail.

3. Air Compressor (Kompresor Angin)

Perangkat ini terbilang penting untuk antisipasi kalau ban bocor / kurang angin di perjalanan. Bayangkan kalau ban kehabisan angin sementara tambal ban hanya berjarak sekitar 100 meter. Ketimbang mendongkrak mobil ganti ban serep mendingan pakai alat ini saja untuk tambah angin sementara.

Alat ini anda juga bisa lihat review di link  Lazada.

4. Izzy Power

Alat ini adalah inverter. Cukup colokkan ke plug rokok di mobil anda maka arus yang keluar dari alat ini akan berubah jadi arus AC sehingga bisa untuk Charge HP, Tab, Laptop dan perangkat-perangkat lainnya. Dulu saya kalau pas sibuk ada urusan keluar saya selalu siapkan alat ini plus laptop, kertas dan printer. Kerja tidak lagi dibatasi oleh ketiadaan listrik.

Silahkan lihat review di link Lazada

Tips/Catatan :

Semua aplikasi di atas adalah berbasis internet. Jadi kalau mau travelling siapkan paket internet secukupnya. Anda sebaiknya pilih kartu internet yang punya jaringan luas sehingga tidak terjadi “Lost Connection”. Saya pernah tersesat di Purwokerto tahun 2013 lantaran aplikasi GPS yaitu My Tracks saya tidak akurat dikarenakan koneksi internetnya putus tidak mendapat sinyal. Akhirnya saya langsung ganti dengan kartu / provider yang lain dan Alhamdulillah, perjalanan dari Jawa – Lampung dan sebaliknya terekam semua.

Suatu saat bila saya ke Jawa Tengah insya Allah lebih gampang karena sudah ada rute yang tersimpan di Tablet.

Perlu pembaca ketahui bahwa apa yang saya tulis ini banyak berdasarkan pengalaman pribadi. Semoga bermanfaat dan  mohon dikoreksi bila ada kekeliruan. Selamat berbelanja online. Bila ada yang ingin ditanyakan atau share bisa hubungi alamat :

e-mail : irham_3000@yahoo.co.id atau irhamlatif@gmail.com
Whatsapp : 082186631697